• Bantuan Pendataan Perpustakaan Penerima Appliances Bagi Indonesia OneSearch

    Bantuan Pendataan Perpustakaan Penerima Appliances Bagi Indonesia OneSearch

    Dalam rangka percepatan pengembangan Perpustakaan Digital Nasional Indonesia melalui program Indonesia OneSearch, Perpustakaan Nasional RI melalui Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kalimantan Selatan mengharapkan bantuan Anda (khususnya para pengelola Perpustakaan yang ada di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan) untuk mengisi Form Pendataan Perpustakaan Penerima Appliances Bagi Indonesia OneSearch yang telah kami sediakan di sini.

    Indonesia OneSearch adalah portal web repositori perpustakaan di seluruh Indonesia yang dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI untuk memberikan akses ke seluruh repositori pengetahuan di Indonesia melalui satu pintu.

    Manfaat dari Indonesia OneSearch adalah setiap orang dapat dengan mudah mengakses dan mendownload secara full-text koleksi yang ada di seluruh perpustakaan Indonesia yang tergabung dalam Indonesia OneSearch.

    Perpustakaan Nasional RI menerapkan 2 (dua) metode untuk dapat tergabung ke dalam Indonesia OneSearch, yaitu:

    1. Mengumpulkan (harvesting) data bibliografi dari perpustakaan dengan memanfaatkan protokol OAI-PMH yang terdapat pada aplikasi perpustakaan dengan cara online.
    2. Menggunakan perangkat converter berupa appliances apabila perpustakaan tersebut telah memiliki aplikasi namun metadata perpustakaannya belum terstandard.

    Appliances akan diberikan oleh Perpustakaan Nasional RI dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

    1. Perpustakaan tersebut telah memiliki data koleksi dalam bentuk file minimal 1000 judul.
    2. Perpustakaan tersebut memiliki koneksi Internet minimal leased-line.

Komentar Anda

Cancel reply